5 Pilihan Makanan Ikan Lele selain Pelet

5 Pilihan Makanan Ikan Lele selain Pelet, 5 Pilihan Makanan Ikan Lele selain Pelet

5 Pilihan Makanan Ikan Lele selain Pelet

Bingung memberikan makanan ikan lele selain pelet? Untuk menekan biaya prosuksi budidaya ikan lele, salah satu caranya ialah melalui pemilihan pakan yang tepat. Suatu pakan bisa dikatakan berkualitas bagus apabila dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele. Kendati pelet mempunyai kemampuan yang demikian, sayangnya harga pelet di pasaran terhitung cukup mahal terutama bagi para petani ikan lele dalam skala kecil.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, disarankan untuk melakukan penggantian pakan dari pelet ikan ke pakan lain yang lebih murah tetapi kualitasnya masih setara. Tidak mudah memang menemukan pakan lele dengan manfaat yang demikian. Namun ternyata, ada lho beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi alternatif bagi ikan lele.

makanan-ikan-lele.jpg

Jika Anda tertarik, cobalah melakukan serangkaian ujicoba terhadap beberapa saran makanan di bawah ini :

1. Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan limbah yang tersisa dari proses produksi tahu. Daripada terbuang tercuma, tidak ada salahnya Anda memberikan makanan yang kaya akan protein ini ke ikan lele. Campurkan 5 kg ampas tahu, 5 kg dedak halus, 1 kg tepung ikan, 1 liter tetes tebu, 200 ml probiotik, dan 2 sdm ragi tempe. Kemudian aduk hingga bahan-bahan ini tercampur rata. Simpan campuran ampas tahu tersebut di dalam wadah yang tertutup selama 5 hari.

Pakan ini bisa diberikan langsung kepada ikan-ikan lele dengan membentuknya menjadi butiran-butiran dahulu. Sebaiknya berikana makanan ini ke ikan yang sudah berusia di atas 1 bulan dengan ukuran 5-7 cm. Jumlah pakan yang diberikan adalah 5% dari tingkat kepadatan ikan lele setiap pagi atau siang hari.

2. Dedak Bekatul

Dedak bekatul yang biasanya digunakan sebagai makanan bagi unggas pun dapat diberikan ke ikan lele karena mengandung nutrisi yang lengkap. Untuk membuat makanan ikan dari dedak bekatul, caranya campurkan 5 kg dedak bekatul, 5 sdm garam dapur, 5 liter air bersih, dan minyak sayur secukupnya. Penambahan 2,5 kg pelet ikan bersifat opsional untuk menambah daya tarik pakan sehingga ikan lele lebih tertarik melahapnya.

Bahan-bahan di atas kemudian direbus di dalam panci selama kurang lebih 1 jam. Selama proses perebusan, jangan lupa terus mengaduknya supaya tercampur rata dan tidak lengket. Dinginkan hasil rebusan ini selama semalaman. Keesokan harinya, makanan ikan lele ini dibentuk menjadi bulatan agar mudah dalam memberikannya. Pemberian olahan dedak bekatul ini dapat dilakukan dua kali setiap hari pada malam dan siang hari.

3. Kotoran Unggas

Pembudidayaan ikan lele juga dapat dilakukan dengan sistem tumpang sari. Anda bisa meletakkan kandang unggas di atas kolam ikan lele. Hal ini dimaksudkan agar kotoran unggas bisa otomatis masuk ke dalam kolam ikan lele sehingga meningkatkan kesuburannya. Kondisi kolam yang semakin subur ini akan memicu pertumbuhan mikroba-mikroba sebagai makanan alami ikan lele. Unggas yang telah mati juga dapat diberikan kepada ikan lele dengan memotong-motongnya terlebih dahulu.

4. Keong Mas

Keong mas merupakan hama tanaman padi yang banyak dijumpai di area persawahan. Usut punya usut, daging keong mas ternyata mempunyai kandungan lemak, protein, dan mineral yang tinggi. Anda bisa memanfaatkan binatang ini sebagai sumber nutrisi ikan lele yang bagus. Cukup dengan mengeluarkan daging keong mas dari cangkangnya, lalu potong menjadi ukuran yang lebih kecil. Anda bisa memberikan makanan ini kepada ikan lele dalam jumlah yang cukup.

5. Ulat/Belatung

Tahukah Anda, kadar protein yang tersimpan di dalam ulat/belatung terbilang tinggi lho. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele. Untuk mengundang tumbuhnya belatung, Anda bisa mengisi wadah dengan ampas tahu dan air. Kemudian tutup dengan daun pisang dan letakkan di tempat yang lembap. Setelah 5-7 hari berlalu, bisa dipastikan di wadah tersebut sudah berkumpul puluhan belatung yang siap Anda berikan ke ikan lele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *