Cara Mancing Ikan Keting di Sungai

Cara Mancing Ikan Keting di Sungai, Cara Mancing Ikan Keting di Sungai

Cara Mancing Ikan Keting di Sungai

Bagaimana cara memancing ikan keting di sungai? Ikan keting biasa disebut juga sebagai lundu, kating, berengit, ndaringan, sengat, ririgi, senggiringan, dan kelibere. Ikan ini tergolong ke dalam catfish karena mempunyai kumis, patil, dan kulitnya tidak bersisik. Ikan ini juga memiliki ekor yang bercabang dua. Sekilas rupa ikan keting mirip seperti ikan sembilang, tetapi ukuran tubuhnya lebih kecil.

Ikan keting biasanya hidup di sungai, muara, dan pinggiran laut. Beberapa juga dapat dijumpai di danau dan waduk. Ikan ini senang berada di dasar air. Daerah penyebarannya hampir di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

mancing-ikan-keting.jpg

Ikan keting adalah binatang omnivora. Ikan ini dikenal sangat rakus dalam memangsa makanan yang ada di dekatnya. Aktivitas ikan ini tidak mengenal waktu sehingga Anda dapat menjumpainya saat siang atau pun malam hari. Pada saat banjir, ikan keting biasanya akan bermigrasi ke sungai dan kemudian berpindah lagi ke muara ketika hujan turun.

Kebanyakan pemancing tidak begitu menyukai keberadaan ikan keting. Hal ini dikarenakan ukurannya yang relatif kecil menyebabkan daging yang dimilikinya pun sedikit. Ikan keting juga sering mengganggu para pemancing yang tengah berburu ikan-ikan lainnya seperti ikan kakap putihikan kakap putih dan ikan barramundi. Umpan yang digunakan untuk memancing ikan lain sering dihabiskan oleh si keting ini.

Akan tetapi, tidak sedikit pula para pemancing yang sengaja meluangkan waktunya untuk menangkap ikan keting. Sensasi strike yang dimiliki oleh ikan ini terbilang lumayan juga lho. Apalagi ikan ini mudah sekali didapatkan sehingga Anda bisa melakukan strike berulang-ulang dalam waktu yang cukup singkat. Cocok sekali deh diburu khususnya oleh Anda yang masih pemula.

Percaya kah Anda kalau memancing ikan keting amat sangat mudah? Bahkan di kalangan mancing mania, ikan yang termasuk dalam famili Bagridae ini dianggap sebagai ikan yang paling gampang didapatkan se-Dunia. Hal tersebut dikarenakan sifat rakus yang dimiliki oleh ikan keting membuatnya gampang sekali terjerat tali pancing.

Tidak dibutuhkan umpan khusus untuk menangkap ikan ini. Namun agar potensinya lebih besar, kami menyarankan pakailah cacing, katak, ikan kecil, udang, dan umpan yang berbau amis lainnya. Disarankan pula pilih spot pemancingan yang perairannya masih bersih agar ikan keting yang Anda peroleh tidak tercemar. Sedangkan teknik mancing yang bisa Anda terapkan sama seperti ketika memancing ikan sembilang, ikan lele, patin, atau dokang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *