Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional

Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional, Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional

Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional

Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional- sebagai pelajar tentunya anda sdah tidak asing lagi dengan kata jurnal, makalah, tesis, artikel, disertasi dan lain-lain yang menyangkut tentang akademik pendidikan. kali ini kita mengupas tentang cara menulis jurnal yang sesuai standar nasional dan internasional, silahkan baca dan pahami postingan ini dengan seksama.

Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional

Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional

Apakah perbedaan jurnal dengan makalah.?
Tentu berbeda, baik cara penulisan dan penyusunan pembahasan, jurnal tidak membutuhkan Bab namun cukup dengan poin pembahasan atau yang biasa disebut dengan sub judul. yang paling dominan pada penulisan jurnal adalah pembahasannya tidak bertele-tele namun meruncing dan mengenai sasaran pembahasan berdasarkan judul. 
Secara spesifik zonapendidikan.com merangkum poin-poin penting yang bisa anda jadikan sebagai acuan pada penulisan jurnal anda dengan targer utama jurnal anda bisa diterima secara Nasional dan Internasional.
Kuasai Bahasa baku dan bahasa akademik
Dalam penulisan jurnal, gaya bahasa adalah perioritas, jika anda membuat jurnal internasional pastinya anda harus menguasai bahasa inggris secara akademik. jika anda membuatnya dalam bahasa indonesia anda juga perlu memilah-milah kata yang sesuai.

Tentukan Judul Setelah menulis
Ini sangatlah penting, pada saat anda ingin menulis sebuah jurnal syarat utama anda harus memiliki ide pokok pembahasan namun ide pokok ini bukanlah judul, jika anda sudah menentukan judul terlebih dahulu maka anda akan ksulitan dalam menulis, pembahasan anda akan semakin sempit.
*Baca Juga: Langkah Cepat Menyusun Skripsi dan Tesis

Stelah anda selesai menulis atau pada pada saat menulis hingga 70% barulah anda menentukan judul yang seseuai dengan konten tulisan anda, perlu anda ketaui pembahasan yang anda tulis itu jangan sampai meleset dari ide pokol.

Langkah-langkah Menulis Nasional Internasional

Pembahasan meruncing bukan melebar
Kebiasan penulis indonesia membat artikel atau  jurna kerap kali mengulan-ulang pembahasan dan pemabahasan yang dijabarkan semakin melebar sehingga membuat pembaca bosan.

Pada penulisan jurnal internasional ini sangat diperhatikan apalagi orang eropa tidak suka dengan hal yang bertele-betel beda halnya dengan buda timur tengah yang suka berputar-putar dalam membahas suatu riest.

Referensi terbaru dan berkualitas
Ini juga tidak kalah penting, jika anda ingin menulis jurnal perhatikanlah refernsi anda, jangan gunakan buku abal-abal dan buku best seller juga tidak menjamin kualitas jurnal anda. anda harus melirik pengarang buku terebut

Netral dan Relevan
Mungkin bagi masayrakat timur tengah sampai asia sangat sulit melakukan ini, karena sifat fanatisme sudah mendarah daging, perlu anda ketahui bahwa pada penulisan jurnal internasional khususnya, fanatisme tidak bisa diterima, misalakan anda membuat jurnal dengan pembahasan perbandingan sekte, karena anda juga bagian salah satu sekte maka anda menyudutkan sekte lainnya. ini sangat tidak baik dan kemungkinan besar ditolak dan seperti itu bukanlah jurnal tapi opini, dalam opini saja masih ada aturan kebijakannya.

Anda harus relevan setiap membuat argumen jangan lupa anda menambah referensi untuk mendukung argumen anda, dengan demikian pola pembahasan pada jurnal anda akan semakin kuat dan meyakinkan. misalkan anda berargumen tentang “dampak sisi lain dari sebuah konflik agama” nah jika anda pro maka anda juga mencantumkan buku yang pro dengan argumentasi tersebut. contoh (Himadi.Agama dan budaya-2012) juga menyebutkan bahwa………

Abstrak yang menarik
Setelah anda menulis semuanya, maka anda fikirkan abstrak jurnal anda, disini anda harus bisa mengolah bahasa yang menarik sehingga pembaca terperngaruh kuat untuk membaca jurnal anda setelah membaca abstrak.

Selain itu anda harus memastikan isi abstrak anda berdasrkan isi konten jurnal anda, apa yang anda sebutkan di abstrak harus sesuai dengan isi konren.

Review beberapa kali
Berdasarkan pengalaman, penulisan jurnal itu bukanlah sekali buat sekali jadi, selesai menulis anda harus membacanya kembali, setiap anda membaca pasti anda akan merasa ada kekurangan atau hal yang harus diperbaharui.  setelah di publish anda akan merasa ada kekurangan atau bahkan ada kekeliruan dan mendapat kritik dari pembaca, itu adalah hal biasa.
Jika memang menulis jurnal itu gampang, maka semua dosen di indonesia ini akan naik pangkat.

Cara Menulis Nasional Internasional

Perhatikan Penulisan/Pengetikan 
Salah menulis kata merupakan kesalahan besar, atau salah dalam aturan penulisan lainnya, yang lebih harus dihindari lagi adalah kesalahan data, misalkan anda menulis tempat, tahun atau alamat yang salah. maka sebaiknya anda memperhatikan hal ini.
 
Menulis dengan nurani bukan ambisi
Jika anda menulis jurnal dengan keinginan hati anda sendiri tanpa ada sebab yang memaksa maka itu akan mendapat hasil yang memuaskan dan akan terasa lebih mudah.  jika anda berambisi atau menulis jurnal menuai kritikan atau kontropersi maka sebaiknya anda jangan menulis karena itu akan mempermalukan diri anda sendiri.

Jika anda ingin melakukan kritik sosial anda bisa membuat opini atau situs khusus apalagi anda ingin mem publish pada ranah  internasional itu sangat membuat malu anda dan negara ini, karena pada dasarnya jurnal itu adalah wadah pendidikan.

Demikianlah sedikit pemabahasan tentang Cara Membuat Jurnal Nasional Internasional semoga bermanfaat.

*Baca Juga: Cara Tebaik  Menterjemahkan Kalimat Bahasa Arab ke Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *