Cara Mudah Jaga Kebersihan Kulkas

Lemari pendingin ini memang menjadi kebutuhan sehari-hari, di mulai dari rumah tangga sampai restoran dengan skala yang besar. Kulkas digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar lebih awet dan tidak cepat membusuk. Hal ini karena suhu udara yang dibuat menjadi dingin menyebabkan bakteri penyebab pembusukan sulit untuk berkembang biak. Kulkas juga digunakan untuk mendinginkan sesuatu seperti es krim, minuman atau makanan lainnya. Tentunya, kita semua menginginkan kulkas yang senantiasa bersih di dapur kita. Karena kulkas yang bersih merupakan kunci dari makanan yang sehat. Karena itu, ada beberapa tips mudah untuk bisa merawat dan menjaga kebersihan kulkas.

Refrigerator full of food

Agar Tidak Cepat Busuk

Makanan disimpan di kulkas agar tidak cepat mengalami proses pembusukan, karena itu atur suhu kulkas di bawah 5 derajat Celcius agar bakteri di kulkas tidak dengan mudah berkembang biak. Selain itu, jangan letakkan sayur dan buah secara berdekatan karena ada beberapa gas yang diproduksi oleh buah dan menyebabkan sayur atau buah tersebut lebih cepat busuk. Jika memang ada beberapa bahan makanan yang bisa untuk tidak disimpan di kulkas, jangan letakkan di kulkas agar tidak cepat penuh. Misalnya jangan simpan irisan atau potongan bawang jika tidak segera menggunakannya. Pasalnya, jika kulkas semakin penuh, maka suhu kulkas akan semakin hangat dan membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhunya. Lebih parahnya, kulkas Anda bisa saja rusak sehingga membutuhkan servis kulkas agar segera teratasi dan dapat berfungsi kembali dengan baik.

 

Bersihkan Kulkas

Sortir bahan makanan yang berada di kulkas Anda. Keluarkanlah barang-barang yang sudah seharusnya dikeluarkan. Perhatikan tanggal kedaluwarsa bahan makanan, jangan sampai ternyata selama ini Anda menyimpan barang-barang yang sudah membusuk. Setelah itu, barulah Anda membersihkan bagian dalam kulkas. Sebelumnya, jangan lupa untuk mencabut aliran listrik dari kulkas agar lebih aman. Jika terdapat bunga es di bagian freezer, biarkan bunga esnya meleleh agar bisa dibersihkan secara total kulkasnya.

Lap dan cuci setiap bagian kulkas yang bisa dilepaskan seperti laci dan rak dengan. Jangan gunakan sabun pel atau detergen untuk membersihkannya. Pakai sabun cuci piring agar aman terhadap makanan, karena setiap makanan di kulkas bersentuhan langsung. Setelah selesai dibersihkan, tata ulang dan susun dengan cermat setiap bagian dalam kulkas agar bisa terlihat lebih rapi.

Hilangkan Bau

Terlalu banyak bahan makanan di dalam kulkas tentu membuat kulkas menimbulkan bau yang tidak sedap karena setiap bau yang dihasilkan tercampur dan terperangkap di dalam kulkas. Ada beberapa benda yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau tersebut. Pertama, Anda bisa meletakkan soda kue di dalam kulkas, tunggu sampai beberapa hari sampai baunya hilang. Sama halnya dengan soda kue, Anda juga bisa menggunakan kopi, tapi ini bisa meninggalkan sisa bau kopi di kulkas Anda. Cara ketiga adalah dengan meletakkan kertas koran yang sudah diremas dan dibasahi dan ditinggal semalaman.

Harumkan Kulkas

Setelah bau tersebut hilang, baru Anda bisa meletakkan benda-benda yang membuat kulkas Anda jadi lebih harum seperti vanili cair yang dituang ke spons atau kapas. Air perasan jeruk lemon juga bisa membuat kulkas Anda lebih segar. Tapi ingat, sebelum meletakkan pengharum kulkas, hilangkan dulu bau tidak sedap tersebut. Kalau tidak, nantinya baunya akan tercampur dan semakin memperparah. Selain dua benda tersebut, Anda juga bisa menggunakan pengharum lainnya, asal jangan terlalu menyengat karena nantinya malah akan menimbulkan bau tidak sedap di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *