Ingin Memelihara Ikan Badut? Baca Tipsnya Dulu!

Ingin Memelihara Ikan Badut? Baca Tipsnya Dulu!, Ingin Memelihara Ikan Badut? Baca Tipsnya Dulu!

Ingin Memelihara Ikan Badut? Baca Tipsnya Dulu!

Bagaimana cara memelihara ikan badut di akuarium? Ikan badut merupakan ikan air laut yang termasuk ke subfamili Amphiprioninae dalam famili Pomacentridae. Julukan badut disematkan sebab ikan ini dihiasi dengan warna-warni yang cerah, mulai dari kuning, jingga, hitam, kemerah-merahan, hingga keputih-putihan. Itulah kenapa banyak sekali orang yang berminat memelihara ikan tersebut.

Panjang rata-rata tubuh ikan badut berkisar antara 8-12 cm, dan bisa ukuran yang maksimal mencapai 18 cm. Di habitat aslinya, ikan badut senang tinggal di anemon laut dan terumbu karang yang terletak di kedalaman kurang dari 50 m. Dikenal sebagai ikan omnivora, ikan badut suka memakan crustacea, parasit, dan alga.

ikan-badut.jpg

Biar tidak salah dalam merawat ikan badut kepunyaan Anda, ikuti tips-tips selengkapnya berikut ini!

Tips 1 : Pelihara Ikan Badut di Air Asin

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, ikan badut adalah ikan yang hidup di laut. Artinya ikan ini tinggal di lingkungan perairan yang mengandung air asin, bukan air tawar atau pun air payau. Walaupun begitu, Anda tetap tidak bisa memasukkan ikan ini di air tawar yang diberi garam karena kandungan mineral dan kadar keasamannya tidak bisa dibuat sama. Oleh karena itu, jika Anda berniat merawat ikan ini, siap-siaplah untuk merogoh kocek demi membeli air laut murni atau Anda bisa mengambilnya sendiri di laut tiap beberapa minggu sekali. Hitung-hitung sambil berliburan ke pantai kan?

Tips 2 : Sediakan Akuarium yang Berukuran Proporsional

Semakin besar ukuran akuarium, maka akan semakin bagus digunakan untuk memelihara ikan badut. Tetapi akuarium yang memiliki ukuran yang jumbo tentu harganya pun bakalan mahal. Jadi Anda bisa membeli akuarium yang berukuran proporsional, yang penting sesuai dengan ukuran dan jumlah ikan badut yang akan dimasukkan ke dalamnya. Idealnya sih, ikan badut dipelihara di akuarium yang bisa menampung 113 liter air asin.

Tips 3 : Kondisikan Habitat Akuarium Mirip Aslinya

Kalau memungkinkan, Anda bisa memasukkan juga anemon laut ke dalam akuarium yang nantinya bakal dipakai oleh ikan-ikan badut sebagai tempat persembunyiannya. Tambahkan pula beberapa terumbu karang yang diletakkan di salah satu sudut akuarium ya. Tidak apa-apa kok mencampurkan ikan badut dengan ikan hias lainnya di dalam satu wadah akuarium, asalkan ikan tersebut bukan lah ikan predator.

Tips 4 : Atur Suasana Lingkungan di Akuarium

Mengingat ikan laut hidup di lingkungan perairan yang cukup dalam, ikan ini terbiasa berada di tempat yang bersuhu agak dingin. Itu sebabnya, Anda perlu mengatur suhu air di kisaran 24-27 derajat celcius dan mempertahankannya. Sedangkan tingkat salinitas yang baik untuk mendukung pertumbuhan ikan yang juga sering dipanggil nemo ini berkisar antara 1.020-1.026. Usahakan lingkungan di dalam akuarium juga bisa mendapatkan cahaya yang cukup.

Tips 5 : Penggantian Air di Akuarium

Bila air jarang diganti, akuarium akan menjadi kotor, jorok, serta dapat meracuni ikan-ikan yang tinggal di dalamnya. Begitu pula sebaliknya, penggantian air yang terlampau sering justru menyebabkan ikan badut mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sebaiknya air diganti setengahnya saja setiap seminggu sekali. Sementara itu, penggatian air secara keseluruhan dapat dilakukan setiap sebulan sekali. Akuarium perlu dibersihkan total setiap tiga bulan sekali dengan hanya menggunakan air mengalir tanpa bantuan cairan pembersih apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *