Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab

Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab, Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab

Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab

Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab–  Bahasa Arab merupakan sebuah mata pelajaran yang masuk ke dalam program kurikulum Pembelajaran di Indonesia sejak tahun enam puluhan, kurikulum ini diterapkan dengan tujuan agar umat muslim di indonesia memiliki dasar bahasa dalam mempelajari ilmu agama islam, ini merupakan asas dasar penerapan Studi Bahasa Arab, Bahasa Arab hanya dipelajari di Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah sampai kepada Perguruan Tinggi dibawah naungan Departement Agama. selebihnya sekolah yang berbasis pesantren.

Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab.?

Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab

 

Dalam Perguruan Tinggi di STAIS, IAIN, atau UIN atau Universitas lainnya Di indonesia, 80% perguruan tinggi memberikan beban wajib kepada mahasiswa jurusan Bahasa Arab/ Sastra Arab menulis skripsi dalam bahasa arab, ini mengikuti pola Jurusan Bahasa Inggris menulis skripsi dan mendeskripsikannya dengan Bahasa Inggiris dalam momen sidang.

Ada belasan ribu mahasiswa Bahasa Arab di Indonesia yang tersebar di berbagai universitas islam. sesuai dengan judul diatas, Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab..? akan kita jabarkan secara detail semoga bisa membantu para mahasiswa bahasa arab diseluruh pelosok negri. 
Ada beberapa hal yang membuat penulisan skripsi bahasa arab lamban.

Faktor penyebab penulisan skripsi terhambat

Faktor internal
Ini merupakan problem umum dan berlaku untuk semua jurusan perkuliahan, yanga dimaksud dengan faktor internal adalah problem yang terlahir dari kampus tempata anda kuliah, yaitu dosen. ini sangat menentukan 60%. jika dosen pemebimbing skripsi anda bersikap loyalitas, membimbing dan memperdulikan serta mengerti posisi anda, ini merupakan jalan mudah untuk anda melangkah wisuda dengan cepat hanya dengan bermodal semangat dan rajin, namun terkadangan dilapangan anda megalami kenyataan yang berbeda. salah satu contohnya ada pada gambar berikut:


Faktor Bahasa
Namanaya saja kita mempelajari Bahasa Asing, pastinya dalam setiap tes, bahasa kita akan diuji, jika kemampuan berbahasa kurang, maka akan semua akan terasa sulit, menulis dan berbicara. jika memang sebelumnya belum ada basic berbahasa arab sebaiknya kita harus mempersiapkan diri sejak awal kuliah.

Baja Juga : 6 Langkah Menentukan Pilihan Terbaik  

Jika memaksakan diri untuk membuat dengan mencontoh aliran skripsi orang lain, disini kerap kali terjadi masalah, hal ini sering dialami mahasiswa bahasa arab, seorang mahasiswa cowok mengikuti pola tulisan kakak leting dan ternyata skripsi itu punya seorang cewek, nah perlu diketahui skripsi bahaa arab sering sekali memakai dhamir dan kata kerja, pastinya dhamir untuk laki-laki dan perempuan itu berbeda. 
Bahitsah : Peneliti Perempuan
Bahist : Peneliti Laki-laki
Jika ingin mencontoh skripsi mahasiswa lain, carilah yang sesuai jenis kelamin penulis, dan usahakan tidak mengikuti pola bahasanya.

Tidak Memahami Teori dan Jenis Penelitian
Ini salah satu penhambat yang keras, terkadang disaat pengajuan judul, kita tidak mikir, teori dan dan jenis penelitian yang penting judul diterima, dari semua jenis teori dan metode penelitian memiliki kemudahan tersendiri, ada yang membutuhkan waktu yang lama dan ada yang membutuhkan sampel yang banyak, jika tidak memperhatikan ini anda akan kalang kabut dalam menggarap penulisan.

Dalam penulisan skripsi bahasa arab ada beberapa jenis metode penelitian,  teori dan pembahasan skripsi itu mengarah ke maharah apa,,.? jika tidak memahani hal ini semua akan terasa berat.

Faktor Basic
Biasanya mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa arab dari mereka yang berasal dari sekolah pesantren, namun tidak sedikit juga mahasiswa yang ditemukan kuliah di jurusan bahasa arab yang berasal dari SMA biasa, ada sebuah keunikan disini, biasanya mereka yang tamat dari SMA selalu mendapat IPK tinggi, ini karena faktor mereka rajin, dan anak pesantren santai dan tidak perduli, namun disaat penulisan skripsi disinilah pertarungan antar basic. biasanya anak pesantren selalu unggul disini, namun IPK jangan ditanya berapa.
Jadi Penulisan skripsi itu faktor basic sangat mempengaruhi, setidaknya anda sudah mengenal Bahasa Arab sebelum anda kuliah. atau selama kuliah harus ada usaha ekstra keras untuk mepelajari bahasa. karena penulisan skripsi itu haruslah menguasai Kaidah Nahwu dan Dhamir serta tata bahasa.

Faktor Gapteg
Hal ini 40% sangat berpengaruh, dalam penulisan skripsi bahasa arab, kemahiran dalam mengetik bahasa arab haruslah dibangun sejak awal kuliah, jika masih meraba-raba saat  anda mengetik bahasa arab, maka prosesnya akan lama dan rasa malas akan menghantui, jadi kuasailah pengetikan dengan mantap.

Baca Juga : Penyebab Sarjana Tidak Mendapat pekerjaan

Kemampuan teknologi sangat penting dalam penulisan skripsi, anda harus mampu mengatur pola penulisan, membuat footnote, daftar isi, halaman, mengatur font sampai kepada menginstal leptop anda ke printer, jika anda menggunakan jasa rental, belum tentu komputer pada rental tersebut menyediakan fitur bahasa arab. 

Anda sudah mengetik selama satu malam dan besoknya anda pergi ke rental, setelah anda memasukkan flasdisk dan membuka file skripsi anda, tiba tampilannya berubah menjadi tulisan cina semua, hahahaha,, itu biasa,, haruslah mengantisipasinya.. jadi pengetahuan operasi komputer itu penting sangatlah penting .

Fatktor Lalai
Apapun yang kita pelajari selama beberap SKS selama empat smester yang berkaitan dengan penulisan skripsi hanya beberapa SKS, dan kemampuan untuk menulis skripsi akan timbul saat sudah memulainya dan menerima kritik-kritik dosen. jika begini proses akan menjadi lama, semua ini terjadi karena kita hanya terlena dengan mata kuliah, sebaiknya sebelum anda melangakah untuk mengajukan judul sebaiknya pahamilah skripsi-skripsi yang sudah ada  di perpustakaan , bila perlu tanyakan kepada kakak letinga anda, ini sangat membantu, jadi nati saat mulai menulis anda sudah tau harus buat apa.

Faktor Semangat
Semngat itu perlu dalam melakukan segala kegiatan, yang membuat patah semangat adalah saat anda di kritik habis-habisan oleh dosen pembimbing, atau disaat meliha teman sudah wisuda, atau disaat lepto rusak, dan banyak lagi hal yang bisa terjadi. ini merupakan hal biasa, kuncinya kembali ke kita masing-masing. semangat dalam kondisi apapun.

Demikian sedikit pembahasan tentang Kenapa Sulit Menulis Skripsi Bahasa Arab  semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *