Kunci sukses merawat dan mengembangkan blog

Kunci sukses merawat dan mengembangkan blog, Kunci sukses merawat dan mengembangkan blog

Kunci sukses merawat dan mengembangkan blog

Tips Membuat blog Berkembang dan Terawat


Tidak sedikit blog yang tercatat memiliki popularitas tinggi bahkan dengan perkembangan yang sangat pesat mampuh menggandeng trafic dengan mudah. Ya.. mereka memang memiliki talenta yang tulen sebagai strategi mengembangkan dan membuat blog mereka agar tetap terawat, diminati banyak orang sehingga pengunjungpun sulit beranjak dari monitor. Membuat blog untuk tetap bertahan memang membutuhkan keahlian yang cukup memusingkan dan tidak sedikit juga mereka yang telah memutuskan untuk berhenti di sebabkan oleh tingkat kompetisi yang terbilang banyak. Namun sebenarnya tidak menutup kemungkinan “jika mereka bisa mengapa anda tidak?”, itu adalah semboyan yang umum terdengar dan mudah dipahami, tapi untuk proses realisasi apakah anda mampu?

Membuat blog memang mudah, cepat, instan dan beberapa di antaranya gratis, tapi untuk pengembangan memang tidak bisa di bilang mudah seperti membalikkan telapak tangan, anda harus antusias dalam menciptakan blog yang kreativ, disiplin, bersifat mendidik, memberi solusi, mengedepankan kepentingan pengunjung, rela meluangkan waktu dan tentunya kesabaran menjadi modal utama sebagai kunci kesuksesan.

Belum lagi bagaimana anda bisa mempertahankan kredibilitas blog anda agar menjadi sumber acuan yang dapat dipercaya sehingga dapat mengundang minat dan ketertarikan tersendiri bagi pengunjung. Blog dengan trafic yang tinggi sudah pasti adalah blog yang berkualitas. Jika melihat blog dengan trafic seperti itu siapa yang tidak tertarik? andapun akan lebih bersemangat dan tidak mudah bosan. Lalu apa rahasia agar blog bisa berkembang dan tetap terawat? untuk itulah saya mengajak anda kesini. Kencangkan sabuk pengaman dan temukan kunci rahasia di bawah ini.

Menguasai Dan Mengembangkan Topik

Tahu dengan apa yang sedang anda tulis? dari mana anda memetik topik tersebut?  apakah benar-benar original dan merupakan karya anda?. Jika memang bagitu berarti tidak sulit membuatnya berkembang karna anda memang menguasai topik tersebut. Coba pikirkan dalam imajinasi saja, seolah-olah anda sedang membuat grafik suatu topik. Mengapa demikian? karna dengan membentuk grafik anda akan lebih mudah mengolah sebuah topik, misalnya anda telah membuat sebuah topik yang mendasar, sekarang tugas anda adalah membagi bagian-bagian ke beberapa kategori yang mungkin masih dapat di olah untuk artikel berikutnya, jika suatu topik membutuhkan detail yang lebih mendalam sebaiknya jangan di tuliskan satu atap dengan dasar topik pertama, tapi buatlah link berupa Anchor text sebagai aksesibilitas pembaca untuk menemukan perincian isi topik pada postingan lainnya. Anda juga dapat mengembangkannya dengan hal-hal menarik lain yang masih memiliki keterkaitan.

Sebaliknya jangan mengambil topik yang tidak anda mengerti, malah hanya akan membuat pikiran jadi suntuk, sebab anda tidak bisa atau tidak mampu mengembangkan topik dan akhirnya terbengkalai sudah. Jika anda memang segan ingin mempelajari topik yang baru, luangkanlah waktu untuk anda pelajari, dengan begitu anda tidak akan pusing menuangkan hasil pemahaman anda pada isi artikel. Selanjutnya baca kembali artikel agar anda mengetahui sudah kompletkah atau masih ada poin-poin yang tertinggal yang mungkin terlewatkan, lalu buatlah itu pada artikel yang baru namun jangan di paksa jika tidak memungkinkan.

Untuk Siapa Anda Menulis Artikel?

Mayoritas orang akan menjawab 'untuk pembaca', benarkah begitu? secara logis memang 'Ya', namun pertanyaan itu akan terjawab dengan pasti setelah mereka mengunjungi situs anda. Jika anda memang memberikan apa yang mereka butuhkan tentu mereka akan betah berlama-lama atau mungkin meninggalkan jejak di kolom komentar.

Pertanyaannya adalah apakah anda bisa pastikan mereka pergi tidak dengan tangan kosong atau hanya dengan perasaan kecewa? Ini banyak terjadi pada artikel yang membahas hal yang sama yang telah ditulis blog lain. Ingat, bahwa pengunjung bisa menilai mana artikel yang hanya sekedar baru dan mana artikel yang mengandung poin-poin penting yang tidak dibahas di blog lain. Jadi ketika anda tertarik dengan topik yang sama usahakan memberi informasi yang lebih lengkap yang di kemas dan di kembangkan dengan wawasan anda sendiri. Memikirkan sebuah ide yang baru merupakan strategi yang akan lebih menarik perhatian pengunjung dari pada hanya ngikut, ngikut dan ngikut tulisan orang. Dengan begitu, pengunjung akan dapat membedakan mana sumber informasi terbaik untuk mereka baca atau bahkan berkeinginan untuk berlangganan artikel.

Melakukan Update Topik

Seiring berjalannya waktu, anda mungkin perlu melakukan update artikel yang sudah usang, Google memang menyarankan hal itu. Tanpa anda sadari artikel yang usang akan mempengaruhi pageview search engine, semakin lama semakin menurun meskipun tidak secara drastis.

Ketika anda sedang kehabisan topik, cobalah untuk memperbarui artikel yang sudah lama, meskipun kedengarannya membosankan tapi ini cukup signifikan agar blog anda tetap terawat. Jika artikel usang anda banyak jangan dilakukan sekaligus, pelan-pelan saja seperti lagu kotak. Artikel yang selalu segar, peka terhadap aktivitas search engine.

Membangun Komunikasi Dan Memperluas Pengetahuan

Tidak hanya blog baru. Membangun sebuah komunikasi menjadi peranan penting bagi setiap situs sebab memberi dampak positif. Anda dapat bergabung dengan beberapa forum atau komunitas pada media sosial seperti facebook misalnya. Mencari referensi untuk memperluas wawasan, mengetahui pemikiran serta pendapat orang lain adalah ide yang mujarab untuk mengembangkan blog anda. Pengetahuan tidak bisa di ukur, namun keberhasilan bisa anda dapat dari pengetahuan. Jangan malu untuk menanyakan sesuatu yang tidak anda tahu sebelumnya dan sebaliknya juga tunjukan niat saling membantu dengan bersosialisasi dan mengambil bagian dalam lingkungan tersebut.

Saya berikan contoh. Ini pengalaman pribadi saya, selama tiga sampai empat bulan pertama tepat setelah saya membuat blog ini, saya tidak pernah menulis satupun postingan untuk dipublikasikan, tidak ada isi dalam blog ini. Saya berpikir, kenapa otak saya tidak saya isi lebih dulu? apa yang harus saya lakukan jika saya mulai dengan langkah yang salah? saya memutuskan untuk membaca dan mencari informasi dengan topik apapun yang saya gali dari berbagai sumber selama 4 bulan! Apa yang saya dapat? kini saya bisa membedakan mana penulis yang hanya sekedar menulis, dan mana penulis yang benar-benar seorang penulis profesional dan pengunjung yang datang ke situs anda juga bisa menilai poin tersebut karena mereka adalah pembaca. Jadi sebaiknya anda pun belajar terlebih dahulu sebelum mengajari orang. Mana bisa anda membahas suatu topik tanpa menguasai hal-hal yang terdapat didalamnya, itu omong kosong.

Melatih Mentalitas Dan Membiasakan Diri

Selalu mengasah kemampuan memang sangat menguras pikiran, waktu dan bahkan tenaga. Bayangkan anda rela untuk duduk berjam-jam di depan monitor untuk terus berkarya mengembangkan kemampuan anda di bidang blogging. Apapun yang anda kerjakan seharusnya anda mengetahui lebih dulu kesulitan apa yang menjadi kendala sebelum mulai mengerjakan hal itu, jangan hanya terpengaruh oleh sepenggal kalimat; mencari uang di internet, cara cepat mendapatkan uang dari internet dan bla bla bla… namun setelah itu memutuskan untuk mengibarkan bendera putih pertanda bahwa anda telah menyerah, kapok, dilema, lalu berhenti di tengah jalan. Sangat disayangkan!
Hampir tidak ada perbedaan antara dunia maya dan dunia nyata, apapun pasti anda temui. Anda akan menemukan semua aktivitas online sama seperti ketika anda menjalani hidup nyata yang kadang-kadang menggembirakan tapi di bumbuhi juga dengan iri hati, dengki, sirik, jahil dan hal-hal yang tidak menyenangkan dan semua didasari oleh sifat kecemburuan pribadi, namun anda tidak harus merespon dengan tindakan yang sama, jangan mempedulikan meskipun anda sering ditindas, dijelek-jelekan, dimusuhi ataupun segala bentuk intimidasi yang pernah dilontarkan. Biarkan saja mereka sebagai tolak ukur kesuksesan anda, jangan terpancing dengan emosi agar anda tidak tertular seperti mereka, itu jika anda mau blog anda terus maju.

Di tembak sebelum menembak, tidak cocok menjadi predikat seorang blogger sejati. Maksud saya, jangan buru-buru putus asa sebelum anda benar-benar telah mengolah kreativitas, produktivitas dan apa yang anda punya. Menyerah tidak pantas untuk di jadikan akhir kisah, dan itu bukanlah pilihan terakhir, jangan hanya karena kehilangan ide atau menemui kendala yang sepele seperti yang saya sebutkan diatas lalu anda membuang peluang begitu saja.

Prinsip

Baja masih bisa dihancurkan, tapi tekat tidak mudah pudar dengan cara apapun, meskipun mereka mencoba memprovokasi anda tapi bila anda berdiri tepat berada pada landasan yang kokoh saya yakin anda pasti sukses. Intinya untuk mempertahankan, mengembangkan, dan membuat blog anda tetap terawat, anda cukup memiliki 25% percaya diri, 25% tekat, 25% pengetahuan, dan 25% menguasai mental, maka lengkaplah sudah 100% untuk menuju kesuksesan.


Sekarang anda sudah bisa menentukan mana yang terbaik bagi blog anda setelah menelan poin-poin penting untuk membuat blog tetap terawat dan lebih berkembang, namun semua tindakan dan keputusan berada di tangan anda. Good Luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *