Macam-macam Penyakit Pada Peredaran Darah

Macam-macam Penyakit Pada Peredaran Darah, Macam-macam Penyakit Pada Peredaran Darah

Macam-macam Penyakit Pada Peredaran Darah

Macam-macam Penyakit Pada Peredaran Darah. Darah sama halnya air mampu memberikan energi ke seluruh tubuh, dengan cara mengalami mengalir melalui pembuluh darah yang tersebar di seluruh tubuh. Dari fungsinya yang memberika energi pada tubuh maka akan memberikan efek pada kekebalan tubuh yang semakin kuat. 

Namun  masalahnya karena adanya beberapa faktor yang salah satunya pola hidup yang salah membuat peredaran darah anda tidak berjalan lancar alias terhambat. Jika sudah terjadi hal yang demikian, maka kondisi pada tubuh anda tidak begitu sehat. Banyak gangguan yang terjadi dari peredaran darah yang tidak lancar. Misalnya saja jantung yang fungsinya menyebarkan darah ke seluruh tubuh, karena bermasalah jantung anda pun akan bermasalah. Yang akhirnya mengakibatkan banyak komlikasi lain dari penyakit akibat darah yang terhaba jalannya, seperti macam penyakit dibawah ini. 

Penyakit Peredaran Darah

Hipertensi
Yang menjadi penyebab anda mengalami hipertensi karena peredaran darah anda bekerja melebihi batas normal. Tidak bisa beredar lancar juga masalah, beredar di atas ambang batas pun tubuh akan mengalmi gangguan. Gejalanya anda akan merasa cepat lelah, dan yang paling sering diderita dari hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah anda akan mudah marah. Untuk itu hindari aktifitas merokok dan minum alkohol, serta makan makanan yang berlemak.
Varises
Adalah gangguan yang terjadi karena pembuluh darah vena yang terhambat. Bisa dikarenakan lemak yang menumpuk sehingga menghambat peredaran darah atau faktor lain. Seperti adanya tekanan yang tidak seimbang antara kaki dan tubuh yang mana kaki sebagai penopang tubuh tidak bekerja optimal. Paling sering dialami oleh waniya, yang mana wanita yang sering mengenakan sepatu haigh heels terlalu tinggi dan terlalu lama. Mulanya gejala yang ditimbulkan adalah pegal-pegal kemudian menjurus pada pebengkakan pada betis dan tungkai sampai paha.
Jantung
Karena fungs utama jantung ada memompa darah ke seluruh tubuh, namun jika terhambat manfaat jantung tidak lagi bekerja maksimal. Adanya penyumbatakan yang terjadi karena tidak lancarnya peredaran darah membuat jantung anda mengalami jangguan. Gejalanya anda mudah kaget, dan telapak tangan anda terasa terus berkeringat.  
Hipotensi
Suatu gangguan yang mana sebaliknya dari hipertensi, yang mana tekanan peredaran darah anda berada di ambang batas normal. Normalnya tekanan darah adalan 140 mmHg. Sama seperti anemia, hipotensi juga gejalanya anda akan mudah lemah dan lesu. Ini bisa terjadi karena anda sedang mengalami menstruasi yang mengebabkan keluarnya darah yang berlebihan atau karena anda melakukan diet yang tidak teratur.
Leukimia
Ini merupakan penyakit yang paling menyeramkan untuk ukuran penyakit peredaran darah lainnya. Karena pada fase ini tubuh telah mengidap penyakit kanker darah. Ini disebabkan tubuh anda memakan zat-zat yang berbahaya yang tersimpang lama di tubuh yang akirnya mengakibatkan infeksi dan virus. Gejala yang terjadi tubuh akan menysut berat badannya karena lemah dan lesu, kemudian warna kulit menjadi pucat. Penyembuhannya harus dilakukan kemoterapi yang berlangsung lama. 
Anemia
Penyakit kekurangan darah ini juga resikonya berawal dari peredaran darah yang kurang lancar. Karena kurang bekerja dengan baik, maka hasil dari aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh pun akan mengalir dengan sedikit. Sehingga efeknya tubuh yang seharusnya memerlukan darah yang tetap mengalir cukup ke tubuh menjadi berkurang. Maka terjadikan anemia. Gejala bisa lemah, lesu dan pusing. 
Jadi itulah tadi macam-macam penyakit pada perdaran darah. Cara mencegahnya yang paling utama adalah ubah dan jaga pola hidup dan pola makan. Pola hidup dengan terus menjaga tubuh agar tetap bergerak. Pasalnya dengan bergerak peredaran darah kita akan lancar, conthnya saja olahraga. Jadikan olahraga adalah gaya hidup yang paling modern dan bermannfaat. Dan untuk jaga pola makan ada bisa menghadirkan menu yang bergizi dan bernutrisi bagi tubuh. Hindari makan berlemak, karena lemak sifatnya sulit untuk dicerna dan menghambat peredaran darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Baca juga Cara membuat anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *