Sajikan Daging Santan Merah Gurih Harum dengan Sasa Santan Kelapa

Saya sering bingung memasak olahan daging sapi karena pengetahuan masak memasak yang memang minim. Tapi keterbatasan ini tidak membuat saya menyerah untuk menyajikan masakan daging yang berbeda. Setelah searching di internet dan membaca banyak resep daging dengan Sasa Santan Kelapa sebagai campurannya, saya pun menjatuhkan pilihan.

Resep pilihan saya adalah daging santan merah gurih harum. Saya dapat resep ini dari salah satu laman resep masak hemat dan praktis. Bahan yang diperlukan yaitu ½ kg daging sapi, 1 bungkus santan cari dari Sasa, 200 ml air matang, 2 batang serai (geprek dan ikat), daun jeruk (sobek kasar), kaldu bubuk, garam, dan gula. Masih tergolong sederhana menurut saya.

WhatsApp Image 2017-12-20 at 23.27.09 (1)

Sebelumnya, saya tidak tahu alasan sang pembuat resep menggunakan santan instan produk Sasa sebagai santannya. Tapi karena sangat ingin mencoba resep tersebut, saya pun mengikuti dengan baik setiap tahap pembuatannya, termasuk bahan-bahan yang diperlukan. Ya, saya menyiapkan bahan-bahan yang persis seperti yang dianjurkan baik dari segi takaran maupun brand.

Saat saya membaca komposisi santan instan dari Sasa, saya agak terkejut. Ternyata proses pembuatannya tanpa pengawet. Bayangkan! Zaman sekarang gitu, masih ada produk yang tidak awet lama tapi tidak berpengawet. Ini membuktikan kalau Sasa masih peduli pada kesehatan konsumen dengan tidak menyertakan bahan pengawet untuk meningkatkan benefit.

Saya pun segera ingin mencoba santan instan ini. Tapi sebelum itu, saya menghaluskan bumbu yang terdiri dari 8 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit merah, ½ sdm ketumbar, 1 ruas jahe ukuran 3 cm, 2 ruas lengkuas/laos @ 2 cm, dan 3 biji kemiri. Sedangkan untuk pelengkapnya, saya sudah menyiapkan bawang goreng.

Eksekusi masak pun dimulai dengan langkah pertama yaitu dengan merebus daging sapi lalu membuang busa serta kotorannya sampai bersih. Selanjutnya, saya rebus lagi sampai empuk selama 45 menit, lalu potong sesuai selera dan sisihkan dahulu.

Bumbu halus yang sudah ditumbuk atau di-blender kemudian ditumis sampai mengeluarkan minyak. Tambahkan air, lalu tumis lagi sampai air berkurang. Nah, sampai di sini, saya pun segera menggunting bungkus unik bentuk segitiga dari santan produk Sasa karena langkah berikutnya memang memasukkan santan instan ini. Selanjutnya, aduk sampai mendidih.

Tahap akhir, masukkan daging, garam, kaldu bubuk, dan gula, kemudian Aduk lagi sampai bumbu meresap. Aroma harum dan gurih yang menguar di udara membuat saya tidak sabar mencicipinya untuk mengecek rasa. Oishi! Ternyata aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas dari Sasa Santan Kelapa-lah yang mempengaruhi harum gurih tadi.

Buru-buru saya hidangkan daging santan merah gurih harum di atas piring lebar setelah sebelumnya ditaburi bawang goreng. Santan instan ini sudah matang dan siap pakai sehingga tidak masalah untuk memasukkannya di akhir setelah daging. Rasa dan kekenyalan daging sama seperti saat santan dimasukkan sebelum daging. Hebat dan membuat kegiatan memasak semakin praktis.

Saya sangat bahagia karena keluarga saya makan dengan lahap menu baru ini. Saya jadi tidak sabar untuk mencoba santan instan ini untuk resep masakan baru lainnya. Begitupula dengan aneka kue dan minuman karena dalam kemasan disebutkan kalau santan ini cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman. Resep apa selanjutnya ya? Jangan lupa apapun masakannya selalu gunakan Sasa Santan, Aslinya Santan dari Sasa Santan Kelapa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *