Tips Memilih Nama Domain Dan Penyedia Layanan Hosting Baru

Tips Memilih Nama Domain Dan Penyedia Layanan Hosting Baru, Tips Memilih Nama Domain Dan Penyedia Layanan Hosting Baru

Tips Memilih Nama Domain Dan Penyedia Layanan Hosting Baru

Bagaimana Cara Memilih Nama Domain Dan Hosting Terbaik?

Blog atau situs Website memang memberi kita banyak utilitas yang bisa kita manfaatkan bahkan bila anda piawai dalam mengembangkannya tentu bisa jadi situs anda akan memenuhi kebutuhan anda hingga anda tua nanti. Dalam tahap mengembangkan situs memang membutuhkan ketelitian yang eksak dan pertimbangan yang matang untuk menentukan mana yang terbaik bagi situs anda, begitu juga ketika anda telah memutuskan ingin memilih nama domain dan penyedia layanan hosting baru. Bayangkan kalau anda sudah berkeluarga dan akan memiliki anak pertama, tentu akan ada banyak pertimbangan yang sebelumnya sudah harus anda siapkan mulai dari pakaian, produk untuk sang bayi dan tentunya nama adalah hal yang penting bukan?! 

Memang tidak membutuhkan keahlian khusus dalam hal ini, tapi setidaknya anda harus berpikir untuk kedepannya agar tidak membuang-buang waktu dan uang. Jadi anda menuju kesini untuk mengetahui tips memilih nama domain dan hosting, ini langkah yang tepat sebelum anda membuat pilihan yang definitif dari pada anda berpikir untuk membeli domain expired.



Memilih Nama Domain

Agar situs anda bersifat terarah, sistematis dan ekstensif, saya membagi tips ini dengan tiga tahap yang di dalamnya deskriptif, mudah diingat dan mampu beradaptasi. Kelak anda tidak perlu kembali memikirkan strategi lain yang masih bisa anda padukan, anda hanya perlu mengembangkannya saja.



Deskriptif

Nama domain adalah mahkota bagi situs anda. Dia akan mewakili apa yang ada dalam situs anda seperti konten, barang atau produk dan jasa dalam bentuk apapun. Buatlah seperti memiliki ikatan yang bertautan dengan apa yang nantinya menjadi target utama dari situs anda kepada pengunjung. Ini strategi yang menarik, karena orang yang melihat situs anda di manapun tanpa membuka situs, mereka akan tahu apa yang anda sediakan dan apa yang berhubungan didalamnya. Hindari nama domain seperti di bawah ini;
  • Merancang nama dengan karakter yang panjang.
  • Menggunakan nama anda atau orang lain tanpa menyertakan definisi konten yang jelas.
  • Bila memungkinkan hindari nama yang sama dengan situs lain atau setidaknya jangan sama persis.



Mudah Untuk Di Ingat

Ini pengalaman seorang blogger pemula yang pernah saya ketahui. Mereka memiliki jumlah karakter domain yang begitu panjang namun tidak mengetahui kerugian pada situs mereka. Alhasil lupa dengan nama domain, pengunjungpun kesulitan mengakses alamat domain tersebut, belum lagi nama domain yang panjang hanya menyisihkan sedikit ruang untuk url postingan anda, jika dibiarkan demikian anda akan duduk di kusi belakang dari situs lainnya.



Mampu Beradaptasi

Nama domain yang ekstensif memiliki kenuikan tersendiri sebab tidak mengarah pada konten tertentu, misalnya jika 'Riko' menjual barang dengan beberapa koleksinya yang lain maka rikocollections.com adalah nama yang tepat atau jika situs anda adalah blog tutorial komputer maka gunakanlah rikotechnologie.com agar memiliki arti yang luas yang bisa anda kembangkan nantinya misalnya tutorial android dan sebagainya.




Memilih Penyedia Layanan Hosting Domain Yang Baru

Sekarang anda telah memutuskan untuk berpindah ke layanan hosting berbayar. Lalu tips apa yang dapat menjadi pedoman selanjutnya? teruslah membaca. 
Biasanya perusahaan layanan hosting menawarkan domain untuk pengguna agar mereka dapat memilih sendiri nama domain sekaligus menghosting mereka dalam satu hub. Cara kerja layanan hosting adalah untuk menyewakan tempat atau ruang server sebagai penyimpanan situs agar bisa diakses di internet. Ya, bisa dikatakan seperti rumah atau apartement kontrakan dengan fasilitas yang ditawarkan pada anda. Blogger.com adalah salah satu hosting domain gratis dengan batasan-batasan yang telah diatur sebelumnya berbeda dengan layanan berbayar yang memberikan akses penuh pada pengguna, tapi stop…! meskipun begitu anda tetap harus memahami dan jelih untuk menentukan mana yang terbaik sebab tidak semua layanan memberi anda kepuasan itulah mengapa saya masih memilih menumpangi blogger.com (saat ini). 

Pelajari secara saksama sebelum anda memilih hosting baru;

Uptime

Uptime adalah berapa lama waktu server hosting anda aktif. Ini menyangkut situs anda yang tampil pada internet. Semakin lama maka semakin baik, jadi pilih layanan yang jarang sekali nonaktif agar situs anda sering tampil di hasil pencarian search engine, sebaliknya situs anda akan sulit dilihat pengunjung jika pelayanan hosting anda kebanyakan molor.



Bandwidth

Bandwidth menampilkan jumlah berapa banyak data yang dapat dikirim oleh situs ke seluruh internet, juga menentukan seberapa banyak tafic yang dapat anda miliki. Beberapa penyedia hosting membatasi jumlah  bandwidth yang tersedia untuk setiap situs, sementara yang lain bisa memberikan anda akses tak terbatas.



Tingkat Keamanan

Saya pikir ini adalah formalitas utama bagi sebuah situs meskipun semuanya tergolong penting, tapi sekali situs anda di retas atau terkena dampak dari perangkat lunak berbahaya, saya hanya bisa mengucapkan 'im sorry goodbye' itu edisi terbatas :). Jadi saya terangkan untuk melirik dahulu dan memastikan apakah dukungan/penanganan spesifik akan ditawarkan ketika ada masalah keamanan.



Dukungan Pelanggan

Baca pedoman yang disediakan. Menyangkut situs anda jika ada masalah teknis maupun nonteknis setelah mengganti hosting baru apakah dapat diselesaikan dengan cepat.



Berapa Harga Untuk Satu Pengguna?

Setiap layanan hosting menawarkan kepuasan yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Berapapun harganya jika anda mampu terserah anda, tinggal menentukan apakah jumlah harga sesuai dengan pelayanan?! Sebaiknya jika baru pertama kali cobalah bertanya di forum kepada mereka yang sudah memiliki domain pribadi dengan membandingkan harga pada setiap layanan.



Mudah Penggunaan

Ini bersifat mendasar, sebaiknya mengenali lebih dalam dan mendetail sebelum anda memilih. Jika mudah anda pahami silahkan saja karena memang sudah menjadi kebutuhan situs anda. namun sebaliknya buat apa jika hanya menjadikan itu kendala nantinya. Seperti blogger.com yang memberikan kemudahan pada pengguna hingga pada tahap pengembangan.



Apakah Ada Layanan Dan Fitur Tambahan Lainnya?

Anda juga dapat membandingkan fitur dan layanan tambahan. Yang paling penting disini saya anggap akun email, fitur lainnya tinggal bonus saja buat anda.

Sekarang pilihan untuk memilih domain dan hosting baru ada di tangan anda, jika anda membutuhkan perbandingan yang lebih spesifik, silahkan download Hosting Providers Worksheet dari google yang berbentuk file pdf mungkin dapat menjadi saran melihat kelebihan dan kekurangan setiap layanan hosting. Cukup untuk tips ini semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *