Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Tips Merawat Bayi Baru Lahir, Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Tips Merawat Bayi Baru Lahir
Tips Merawat Bayi Baru Lahir. Seorang bayi merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Bersama dengan kebahagiaan saat mendengar tangs`ian pertama sang buah hati mungkin akan timbul kekhawatiran apalagi bagi orang tua baru. Banyak pertanyaan yang akan timbul seperti bagaimana cara merawat tali pusat? 
Menjaga kulit yang masih begitu tipis? dan lain sebagainya. Jika pertanyaan dan kekhawatiran itu ada di benak anda, maka tips merawat bayi baru lahir ini dapat membantu anda. Merawat bayi bukanlah hal yang mudah, karena orang tua yang tidak merawat sang buah hati dengan baik dan menjaga kesehatannya maka tubuhnya akan rentan dan mudah terhinggapi penyakit.

Merawat Bayi Baru Lahir

Memberikan ASI (sebagai Makanan Utama)
ASI (Air Susu Ibu) merupakan paket komplit yang sangat baik untuk bayi, karena kandungan colostrum dan zat penting lain yang terkandung dalam ASI yang membantu tumbuh kembang dan meningkatkan imunitas bayi.
Merawat Kesehatan Tubuh Bayi
Bayi masih begitu rentan. Bagian-bagian tubuh berikut ini harus menjadi prioritas bagi orang tua agar tidak menjadi bermasalah:
  1. Tali Pusat
    Bagian ini merupakan bagian yang paling rawan terkena infeksi. Sebelum tali pusat terputus “puput”, perawatan harus ekstra dilakukan seperti: keringkan dengan kasa steril atau cotton bud jika tali pusat tidak sengaja terkena air, jangan menggunakan ramuan apapun yang dibubuhkan pada tali pusat, gunakan air matang untuk merawatnya.
      
  2. Mata
    Bayi yang baru lahir belum dapat mengeluarkan air mata, padahal air mata berfungsi untuk membunuh kuman, tapi setelah beberapa menit air mata akan menjadi makanan kuman. Karena itu pada bayi yang baru lahir perlu dilakukan pijatan diarea mata untuk mengalirkan air mata yang belum dapat keluar dengan sendirinya. Pijatan dapat menggunakan jari maupun cotton bud yang telah dibasahi dengan air matang.
      
  3. Kulit
    Cara menjaga kulit bayi dengan memandikannya menggunakan wash lap basah dua kali sehari, gunakan sabun yang mengandung pro-vitamin B5 yang dapat menjaga kesehatan kulitnya, gunakan baby oil dengan kandungan vitamin E untuk menjaga kelambaban kulitnya dan bedak dengan kandungan pro-vitamin B5 yang menjaganya dari biang keringat.
  4. Pantat
    Bagian ini sering mengalami masalah karena sering terkena popok basah dan dapat mengakibatkan iritasi atau bahkan  infeksi. Cara menjaganya dengan membiarkan daerah ini tetap kering dan bersih.

Menjaga Kehangatan Tubuh Bayi
Untuk menjaga kehangatan tubuh bayi yang masih menyesuaikan diri dilingkunganya yang baru, anda dapat memakaikan bedong, topi dan sarung tangan sesekali.
Menciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Bayi
Bayi baru lahir membutuhkan lingkungan yang kondusif dan nyaman. Usahakan lingkungannya bersih, tidak terlalu ramai, terjaga suhunya. Sehingga bayi dapat bergerak dan tidur dengan nyaman. karena bayi baru lahir memerlukan tidur yang lebih lama.
Berikut merupakan tips merawat bayi baru lahir yang dapat membantu para orang tua dalam mengurus buah hatinya. Semoga bermanfaat, baca juga Obat alami mengatasi mimisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *