Cara Memelihara Ikan Garra Rufa

Cara Memelihara Ikan Garra Rufa, Cara Memelihara Ikan Garra Rufa

Cara Memelihara Ikan Garra Rufa

Bagaimana cara memelihara ikan garra rufa yang benar? Garra rufa merupakan ikan air tawar yang biasanya dimanfaatkan untuk keperluan terapi pengobatan penyaki kulit, khususnya pasien dengan psoriasis. Ikan ini dapat memakan kulit yang berwarna kemerah-merahan dengan cara menghisapnya. Oleh karena itu, ikan ini sering disebut pula sebagai ikan terapi, ikan dokter, ikan penggigit, ikan kangal, atau ikan dermatologis kecil.

Ikan garra rufa tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Pasalnya ikan ini bisa bertahan hidup di tempat mana pun asalkan memenuhi persyaratan hidupnya. Untuk lebih jelasnya apa sajakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan garra rufa, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

cara-memelihara-garra-rufa.jpg

  1. Air

Habitat yang sesuai dengan ikan garra rufa ialah perairan tawar yang memiliki suhu berkisar antara 28-30 derajat celsius. Semakin tinggi temperatur di dalam air, maka ikan ini akan semakin cepat merasa lapar. Sebaiknya sirkulasi air di kolam tersebut tetap terkontrol dengan baik. Jaga pula tingkat keasaman (pH) air supaya stabil di kisaran 6-8.

  1. Kolam

Ikan garra rufa yang telah berusia antara 3-4 bulan bisa dipelihara secara berkelompok di dalam 15-20 ekor sekaligus. Kebanyakan orang menempatkan ikan-ikan ini pada kolam yang berukuran 1,2 x 1,6 x 0,5 m. Sebelum dimasukkan ke dalam kolam ikan, air perlu dibersihkan terlebih dahulu dengan cara membiarkannya selama 24 jam supaya kotoran-kotorannya mengendap. Jika menginginkan metode yang lebih cepat, Anda bisa memakai tabung filtrasi untuk menyaring kotoran tersebut.

  1. Pakan

Pakan yang bagus diberikan kepada ikan garra rufa untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari adalah pelet khusus yang mengandung protein sebanyak 40%. Kandungan protein yang tinggi dimaksudkan agar ikan tidak mudah merasa lapar. Jadi pemberian pakan hanya dilakukan dengan frekuensi 2 kali dalam sehari. Kebutuhan pakan untuk 5.000 ekor ikan garra rufa dalam sebulan sekitar 3 kg. Guna menjaga nafsu makannya, dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan berupa cacing beku.

  1. Pembersihan

Supaya kesehatan ikan tetap terjaga, kolam sebagai media pemeliharaan ikan garra rufa juga perlu dibersihkan dengan rutin. Untuk menjaga kebersihannya, kolam harus dilengkapi dengan alat filtrasi. Proses penggantian air yang ideal dilakukan setiap seminggu sekali dengan mengganti setengah volume air kolam dengan air bersih. Sedangkan untuk proses pembersihan kolam secara menyeluruh, Anda bisa mengerjakannya setiap sebulan sekali atau memperhatikan kondisi kolam tersebut.

  1. Perkembangbiakan

Perkembangbiakan ikan garra rufa sebaiknya dibantu dengan metode buatan supaya prosesnya lebih efektif dan efisien. Caranya indukan ikan betina cukup disuntikkan bahan yang mengandung ovaprim. Kemudian ikan-ikan indukan dimasukkan ke kolam pemijahan dengan perbandingan ikan jantan dan ikan betina adalah 1:1 sebanyak 10 ekor atau 5 pasang.

Setelah terjadinya proses pemijahan, ikan betina akan menghasilkan telur kurang lebih 400 butir. Risiko kematian benih biasanya maksimal 10% sehingga telur yang akan berkembang menjadi burayak sekitar 300 ekor. Proses penetasan telur berkisar antara 1-2 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *